Selasa, 26 Juli 2016

Cegukan Terus Menerus dan Cara Mengatasinya




Cegukan terus menerus pada orang dewasa perlu diwaspadai, sebab bisa saja cegukan itu adalah pertanda adanya masalah kesehatan yang cukup serius. Cegukan itu biasanya tidak hanya terjadi satu kali, namun cegukan bisa terjadi berkali-kali. Cegukan disebabkan karena adanya kontraksi tiba-tiba yang terjadi pada daerah diafragma, berulang beberapa kali tiap menit.

Cegukan Menurut Pandangan Medis
Cegukan menurut pandangan medis disebut dengan singultus. Kondisi itu adalah kondisi dimana diafragma mengalami kejang tidak sesuai dengan kemauannya. Menurut medis, cegukan terjadi saat kadar karbondioksida di dalam darah mengalami pemerosotan dan berada di tingkat yang paling rendah.

Penyebab Cegukan Terus Menerus
Banyak yang tidak tahu apa saja yang menyebabkan seseorang menjadi cegukan. Tahu-tahu orang tersebut mengalami cegukan selama bemenit
-menit. Berikut ini hal-hal yang bisa menyebabkan cegukan.
Menurut pengalaman penulis cegukan ini disebabkan karena kurangnya kadar CO2 yang ada dalam darah sehingga mengakibatkan diafragma perut menjadi kejang, hal ini disebabkan karena tubuh kekurangan kalium yang mengakibatkan darah tidak dapat mengikat CO2, oleh karena itu untuk mengatasinya maka tubuh perlu diberi asupan berupa minuman yang mengandung kalium.

Cara Menghilangkan Cegukan Terus Menerus

Cara menghilangkan cegukan terus menerus tidaklah terlalu sulit. Cegukan tidak hanya mengganggu kenyamanan, namun cegukan juga bisa menimbulkan masalah bagi orang yang mengalaminya. Oleh sebab itulah orang yang mengalami cegukan terus menerus diharapkan bisa mengatasi cegukannya dengan cepat. Berikut ini cara mengatasi cegukan dengan cepat :

Minum air
Untuk mengatasi cegukan dengan air ada beberapa perlakuan yang harus dilaksanakan, yaitu ketika minum sebaiknya hidung ditutup dengan menjepitnya dengan jari, dan minumlah air kira kira setengah liter sekaligus (atau semampunya)

Menahan Nafas
Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menahan nafas baik melalui hidung maupun dengan melalui mulut. Cara menahan nafas adalah dengan menghirup nafas lambat-lambat, kemudian ditahan selama kita menghirup tadi, dan dilepaskan lambat-lambat pula selama kita menahan nafas. Misalnya kita menarik nafas selama 10 detik, maka kemudian ditahan nafas tersebut selama 10 detik dan dilepaskan dalam waktu 10 detik pula, lamanya waktu yang dibutuhkan dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

Gula
Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan menggunakan gula. Caranya adalah anda bisa mengunyah maupun menelan gula. Gula yang dikunyah dan dikonsumsi mampu memberikan sinyal kepada syaraf yang berhubungan dengan diafragma untuk menghentikan pemicu cegukan.

Minum Madu
Salah satu cara untuk menghilangkan cegukan adalah dengan minum madu, minum madu bisa melemaskan syaraf yang berhubungan dengan diafragma. Jika tidak suka dengan efek pekat yang ditimbulkan anda bisa menambahkannya dengan segelas air hangat. Air hangat dan madu bisa membuat perut menjadi nyaman sehingga cegukan bisa teratasi.

Rasa Kaget
Aneh tapi nyata, meredakan cegukan bisa dilakukan dengan rasa kaget. Misalnya saja adalah anda menyentuh teman anda untuk mengagetkan anda, rasa kaget yang anda terima bisa berfungsi untuk meredakan dan menghilangkan cegukan.

Minum Air Kelapa Muda
Air kelapa muda sekarang banyak dijual sebagai pelepas dahaga dipinggir jalan, ternyata air kelapa muda adalah obat alami yang paling bagus untuk menghilangkan cegukan, disamping dapat menghilangkan cegukan kita dapat meminumnya sebanyak yang kita mau karena merupakan kelapa merupakan tumbuhan yang biasa diminum airnya jika masih muda.

Cegukan terus menerus pada orang dewasa juga terkadang dapat menjadi masalah serius karena berhubungan dengan masalah pernapasan atau paru paru dan jantung. Jadi jika tidak dapat menghilangkan cegukan dengan cara di atas, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar