Senin, 27 April 2015

Diet, Cara dan Manfaat



Setiap orang menginginkan bentuk tubuh yang ideal sehingga dilihat cantik dan langsing tetapi tidak semua orang bisa memiliki tubuh yang indah dan langsing tersebut, bahkan ada yang sudah gemuk sejak dari kecil sehingga sulit untuk memiliki bentuk tubuh yang indah dan langsing tersebut.

Setiap makanan yang kita makan akan diubah oleh tubuh menjadi berbagai zat yang berguna untuk hidup dari sel-sel yang ada didalam tubuh, tubuh manusia
terdiri dari berbagai macam sistem yang membutuhkan berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh sel tubuh tersebut untuk hidup, tumbuh dan berkembang, secara garis besar tubuh manusia terdiri dari beberapa sistem diantaranya sistem peredaran darah, sistem saraf, sistim pencernaan, sistem pancaindra dan lain-lain, setiap sistem mempunyai spesifikasi dan kebutuhan akan zat yang bermacam macam sehingga kita perlu mengkonsumsi berbagai macam zat.

Untuk dapat bergerak kita membutuhkan energi yang diolah oleh tubuh dari sumber berbahan gula, jika konsumsi gula berlebih maka akan dirobah dan disimpan oleh tubuh dalam bentuk lemak. Jika jumlah lemak dalam tubuh tinggi, maka orang tersebut akan disebut gemuk, dan jika terlalu lama gemuk, seseorang dapat menderita berbagai macam penyakit diantaranya adalah diabetes, tekanan darah tinggi, tidak stabilnya detakan jantung, dan lain-lain.

Banyak penderita penyakit tersebut dianjurkan oleh dokter untuk melakukan diet, masalahnya diet tersebut sering membuat seseorang lemas karena tidak biasa dengan cara macam yang seperti diatur dalam tata cara diet tersebut. Disini penulis ingin membagi pengetahuan tentang tata cara diet yang baik dan tidak menimbulkan efek samping yang serius tetapi berat badan akan turun dengan drastis, cukup 40 hari maka berat badan yang tergolong obesitas dapat langsung menjadi ideal, dan dengan diet ini dapat menstabilkan tekanan darah dan juga dapat menjadi terapi bagi banyak penyakit lainnya, tetapi dengan syarat adalah berdisiplin dan tekun.

Yang harus disiapkan pertama kali adalah mental yang akan melakukan diet harus kuat untuk melaksanakan program diet tersebut, setelah itu beritahu keluarga dan lingkungan bahwa kita akan melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan sehingga mereka dapat mendukung aktifitas kita nantinya.

Yang harus disiapkan tidaklah banyak, cuma merobah pola makan kita saja, serta berolahraga ala kadarnya setiap hari, misalnya berjalan kaki sekitar 1 kilometer pagi dan 1 kilometer sore harinya.

Adapun menu dan jam makan harus diatur agar selalu tepat waktu, Atur jadwal sebagai berikut :
  1. Untuk makan pagi yang boleh disantap adalah 1 sendok nasi putih, ditambah 1 mangkok sayur serta 2 gelas air putih, biasanya menu seperti ini hanya akan bertahan selama 3 sampai 4 jam, dan setelah itu kita akan merasa lapar lagi.
  2. Untuk antisipasinya, pada pukul 10 pagi minumlah air putih minimal 1 liter (jumlah ini hendaklah ditakar dan dihabiskan), dan akan bertahan sampai jam 12 siang.
  3. Pada jam 12 siang silahkan makan nasi lagi, dan menunya adalah 1 sendok nasi ditambah 1 mangkok sayur dan sedikit daging ikan atau ayam serta 1 atau 2 gelas air putih, dan ini juga bertahan sekitar 3 samai 4 jam.
  4. Maka jam 3.30 sore minumlah air sebanyak 1 liter lagi (juga ditakar dan dihabiskan).
  5. Terakhir makan adalah pada pukul 7 malam dengan menu 1 sendok nasi dan 1 mangkok sayur, dan itu adalah makanan terakhir yang masuk kedalam tubuh kita pada hari tersebut.
Pada waktu-waktu selain yang disebutkan diatas kita tidak boleh memakan makanan apapun, selain air putih, termasuk tidak boleh makan makanan ringan, karena hal itu akan membuat tubuh kita tidak stabil lagi.
Pada proses awal melaksanakan diet ketat seperti diatas badan akan terasa lemas karena kekurangan pasokan makanan kedalam tubuh, tetapi kalau sudah terbiasa maka kekuatan tubuh kita akan kembali pulih, biasanya dalam jangka waktu satu minggu tenaga kita akan pulih kembali.

Minum air 1 liter pada pukul 10 pagi dan jam 3.30 sore gunanya adalah untuk menghilangkan rasa lapar dan mengisi usus, agar usus tersebut tidak lengket satu sama lainnya yang dapat mengakibatkan penyakit yang lebih parah lagi.

Jika anda berminat melakukan hal tersebut sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter pribadai anda apakah anda dapat melakukan diet seperti yang ditulis diatas, karena setiap orang punya batasan yang berbeda beda dalam menerima perobahan pola hidupnya.

Demikianlah salah satu cara diet yang sudah dibuktikan oleh beberapa penderita penyakit jantung, dan sampai sejauh ini hasilnya sangat memuaskan.

Berikut adalah salah satu cara diet yang dapat anda ikuti, klik disini untuk mendapatkan caranya.

1 komentar:

  1. berat badan naik adalah masalah besar bagi perempuan, temukan informasi seputar macam macam diet di tanyadok.com portal informasi layanan kesehatan untuk membantu mengurangi berat badan anda.

    BalasHapus