Selasa, 28 April 2015

7 Tips Membaca Cepat

Anda ingin membaca lebih cepat? Berikut ini akan membahas mengenai 7 tips yang bisa meningkatkan kecepatan anda membaca. Membaca cepat bisa dilatih dan dipelajari dengan mengikuti tips di bawah ini. 
 
1. Gunakan Pointer

Mata kita tidak bisa focus ke suatu tempat saja. Mata biasanya selalu berkedut dan berpindah fokusnya sewaktu membaca. Perpindahan focus ini dinamakan dengan sakades dan masalah ini akan memperlambat anda membaca. Oleh karena itu dengan menggunakan pointer membantu mata agar tetap pada baris dimana kita membaca.

Jika anda membaca sebuah buku, pointer yang digunakan dapat dilakukan dengan menggunakan jari diletakkan dibawah baris yang sedang kita baca tulisan tersebut. Diawal, menggunakan pointer akan membuat lamban dibandingkan membaca tanpa menggunakan pointer, tetapi secara keseluruhan sebenarnya ini akan sangat membantu untuk membaca lebih efektif.

Agar lebih cepat dalam membaca, jangan letakkan jari anda tepat dibawah tulisan yang sedang dibaca, tetapi tempatkan sekitar 1 atau 2 cm di depan tulisan yang sedang dibaca. Mata masih bisa menangkap kata-kata di radius 1 inci dari titik fokusnya.

2. Membaca cepat sebenarnya mengenai mengontrol bagaimana membaca, bukan tentang seberapa cepat anda membaca.

Banyak yang beranggapan bahwa membaca cepat adalah mengenai seberapa cepat anda membaca, tetapi sebenarnya adalah seberapa sanggup anda mengontrol diri anda untuk tetap konsisten dalam membaca. Hasilnya, banyak orang beranggapan bahwa informasi yang didapat tidak akan menjadi optimal dan pemahaman mengenai apa yang dibaca akan menurun ketika membaca cepat.

Hakekatnya membaca cepat adalah mengontrol tingkat kecepatan membaca, tidak hanya kecepatan semata. Berbeda jika anda seorang pembalap, memang kecepatan sangat penting, tetapi keahlian bagaimana mengemudi yang aman sehingga tidak terjadi kecelakaan lebih penting lagi. Kebiasaan mengontrol kecepatan membaca akan membuat lebih efisien dan maksud yang terkandung di dalam teks akan lebih dapat dicerna. 

Pointer akan membantu mengontrolnya daripada hanya mengandalkan focus mata anda saja. Kecepatan pointer atau jari anda bergerak bisa mengatur kecepatan mata dalam membaca sebuah teks. Jika anda menggerakkan pointer atau jari agak cepat ke arah tulisan yang akan dibaca, maka kecepatan mata membaca pun akan meningkat pula, begitu pula sebaliknya. Jika jari atau pointer anda gerakkan melambat, kecepatan membaca pun akan mengikutinya menjadi agak lambat. 

Kontrol kecepatan pointer ini dapat membantu untuk lebih berhati-hati jika membaca sebuah kalimat yang akan membingungkan atau membutuhkan pemahaman yang lebih detil.

Contohnya, jika membaca sebuah buku, si pengarang biasanya mempergunakan 3 hingga 4 buah paragraph untuk menjelaskan ide pokok yang ada pada paragraph pertama. Paragraf tersebut tidak persis sama, tetapi cukup menjelaskan tentang ide pokok yang ingin disampaikannya. Oleh karena itu kita sebagai pembaca dapat menskim sewaktu membaca paragraph penjelas itu tanpa harus kehilangan pesan yang ingin disampaikan oleh si pengarang.

3. Jangan Bergumam

Ketika anak-anak belajar membaca, mereka akan mengucapkan kata-kata yang dibacanya tersebut dengan suara keras. Sebenarnya, ketika membaca dengan suara keras, ini akan mengurangi kecepatan membaca suatu teks. Kebiasaan masa kecil ini masih terbawa hingga dewasa walau tidak diucapkan dengan suara keras, tetapi masih mengucapkannya secara tidak sadar di dalam hati.

Bergumam sewaktu membaca tidaklah hal yang salah. Dengan bergumam membantu untuk mengerti suatu bacaan naratif. Dalam membaca cepat, kita tidak perlu mengambil pengertian dari tiap kata yang dibaca. 

Sewaktu membaca tanpa bergumam seperti menambahkan kecepatan ekstra. Ini akan meningkatkan kecepatan membaca. Sangat berguna sekali ketika kita membaca sebuah teks yang tidak memerlukan perhatian ekstra atau bacaan tersebut sangat mudah dipahami. 

4. Membaca Aktif

Biasanya orang akan membaca secara pasif, yaitu membaca sebuah buku dengan harapan mendapatkan sebuah informasi dan di dalam kepalanya terdapat pemikiran untuk belajar. Ini berguna jika anda membaca sebuah fiksi yang bersifat hiburan, tetapi tidak cocok jika membaca dengan tujuan tertentu yang lebih serius.

Membaca cepat haruslah aktif. Maksudnya, daripada hanya berasumsi bahwa informasi akan datang kepada anda dengan membaca sebuah teks, lebih baik aktif mencari informasi. Sebelum memulai membaca, munculkan di dalam fikiran anda “Apa yang akan saya pelajari dari buku ini”. Dengan mengajukan pertanyaan tersebut, fikiran anda akan bekerja untuk mencari informasi yang relevan lebih cepat.

Dalam membaca aktif, jika anda menemukan sesuatu yang menarik, berhentilah sebentar dan kemudian renungkan atau jika perlu tulislah informasi tersebut di buku anda. Jadikanlah apa yang dibaca sekarang menjadi bagian dari diri anda dimasa depan. 

5. Tahu Kapan Waktunya Untuk Membaca Lambat

Seperti dikatakan di nomor 2, bahwa membaca cepat adalah mengenai control, tidak mengenai kecepatan. Banyak orang yang mempraktekkan membaca cepat tidak mendapatkan maksud dari apa yang mereka baca. 

Jika anda sedang membaca sebuah teks yang berisi informasi yang sedikit, biasanya kita membacanya agak melambat karena ingin menemukan apa yang ingin disampaikan pada teks tersebut karena agak membingungkan. Diibaratkan membawa mobil, jika anda sedang di jalan lurus, aspalnya bagus, saatnya untuk menekan gas dalam-dalam untuk menambah kecepatan. Tetapi ketika memasuki jalan yang banyak tikungan, rem dan gas harus dikombinasikan penggunaannya.

Membaca cepat harus dapat memberi anda kesadaran tentang kecepatan membaca. Membaca cepat adalah mengkombinasikan seluruh keahlian membaca yang anda punyai. Anda harus bisa skim, membaca tanpa bergumam, membaca cepat, membaca lambat dan bahkan membaca dengan sangat lambat untuk mencari maksud yang ingin disampaikan oleh si pengarang jika menemukan kata-kata yang membingungkan atau sulit. 

6. Buatlah Bacaan Tersebut Lebih Menarik

Terkadang jika membaca sebuah teks, apalagi teksnya panjang dan membosankan, maka yang perlu dirubah adalah mindset di kepala anda. Lebih baik anda berfikir tentang apa informasi yang dapat diperoleh jika membaca teks tersebut, dibandingkan merasa frustrasi melihat begitu tebalnya bacaan tersebut. 

Jika anda bisa merubah mindset di kepala, maka anda akan lebih focus membacanya. Dengan focus akan mengurangi waktu yang dibutuhkan sewaktu membacanya, tanpa harus kehilangan maksud dari bahan bacaan tersebut. 

7. Praktekkan Terus Menerus

Setelah mengetahui enam tips diatas, tidak ada jalan lain selain harus dipraktekkan. Tips ini merupakan keahlian yang perlu dilatih secara terus menerus. Jika anda sudah terbiasa membaca sebuah teks atau buku secara terus menerus, maka kecepatan membaca akan meningkat dengan sendirinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar