Minggu, 26 April 2015

Cara Membuat Secangkir Kopi Yang Sempurna



Ini adalah bagian terbaik yang dapat dilakukan begitu kita bangun tidur, yaitu menyeduh dan menikmati secangkir kopi, tetapi ada satu juta cara untuk menyeduh secangkir kopi. Berikut Serba Masuk mencoba untuk menampilkan salah satu cara yang sering dipakai orang para koki internasional.

Peralatan Yang digunakan.
Membuat secangkir kopi  menyukai peralatan yang bersih, rasa kuat yang berasal dari kopi yang dibuat secara manual membutuhkan peralatan yang tidak menyerap aroma dan rasa dari kopi tesebut, agar kopi yang dibuat tidak meninggalkan ampas, maka perlu dilakukan penyaringan dengan peralatan penyaring yang banyak tersedia ditoko-toko peralatan dapur.

Air Yang Digunakan.
Air yang digunakan untuk menyeduh kopi sebaiknya adalah air dengan suhu sekitar 80 sampai 85 derjat celsius, sebaiknya air tersebut direbus terlebih dahulu sampai mendidih dan didinginkan sehingga suhunya ada di kisaran yang kita inginkan, jadi bukan air mendidih seperti yang sering menjadi anggapan banyak orang saat ini.


Biji Kopi Yang Digunakan.
Gunakanlah biji kopi yang telah dimasak (disangan) dengan baik dan dilakukan oleh orang yang berpengalaman. Menggiling biji dilakukan dengan penggiling duri (dripper) manual dan digiling dengan memperhatikan hasil akhir dimana besar biji hasil gilingan terbaik adalah lebih kurang sebesar butiran gula pasir, sehingga rasa dan aroma hasil gilingan tersebut tetap terjaga.

Perbandingan antara kopi dan air.
Untuk menyeduh 16 once kopi (dua cangkir besar), menggunakan 5 sendok makan (atau 28 gram) kopi dan 16 ons air. Pertama gilinglah kopi dengan dripper sampai memiliki butiran sebesar yang kita inginkan, kemudian seduh dengan air panas dan ditutup, biarkan sekitar 3 sampai 5 menit agar rasa dan aroma kopi larut kedalam air.
Setelah itu saringlah kopi dengan menggunakan filter yang halus (dapat juga digunakan kain saring yang banyak dijual di toko alat daput) dan masukkan air kopi hasil saringan tersebut kedalam dua cangkir.
Kopi yang kita buatpun siap untuk dinikmati, jika ingin membuat lebih banyak maka tinggal dihitung saja berapa kebutuhan kopi dan kebutuhan air yang diperlukan,  Selamat Mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar