Senin, 26 September 2016

Tips untuk menjaga kesehatan.



Tubuh kita merupakan suatu rangkaian sistem yang saling terkait satu sama lainnya, diantara sistem yang ada didalam tubuh kita antara lain sistem peredaran darah, sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem syaraf dan lain sebagainya. 

Seluruh sistem itu haruslah seimbang dan saling mendukung sehingga tubuh kita akan berada pada kondisi yang prima, sehingga tubuh kita akan selalu sehat dan bugar, tetapi dengan bertambahnya usia maka penyimpangan yang terjadi pada sistem tubuh manusia itu semakin besar,
hal ini mengakibatkan tubuh mengalami berbagai masalah, yang oleh manusia disebut dengan penyakit.

Salah satu penyakit yang paling ditakuti dan dihindari oleh manusia adalah gangguan pada sistem peredaran darah, karena kalau sistem ini mengalami gangguan maka secara keseluruhan tubuh manusia dapat saja menjadi terganggu atau tidak berfungsi, misalnya adalah penyempitan pembuluh darah yang dapat mengakibatkan stroke atau meninggal dunia secara tiba-tiba.

Oleh karena masalah itu maka manusia harus selalu menjaga seluruh sistem yang ada didalam tubuhnya, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan cara berolahraga secara teratur, masalahnya bagi orang zaman sekarang berolahraga itu tidaklah sempat bahkan terkadang harus menyediakan dana yang besar seandainya melakukan olahraga dengan teknologi yang tinggi, bahkan dapat pula membahayakan diri sendiri, misalnya adalah olahraga panjat tebing atau terjun payung.

Salah satu olahraga yang murah dan meriah serta bermanfaat adalah MENCANGKUL. Modal yang dibutuhkan hanyalah sebuah cangkul dan air minum. Lalu masalahnya adalah dimana mau mencangkul seandainya kita tidak punya tanah atau lokasi yang akan dicangkul.

Sebenarnya jawabannya gampang, tetapi masalahnya apakah mau melakukannya atau tidak, misalnya kita mencangkul pinggir jalan yang ada rumputnya, atau mencangkul di halaman rumah, atau seandainya ada tetangga yang memiliki tanah yang belum dibangun ajaklah tetangga itu untuk mencangkul ditanah dia dan menanaminya dengan tanaman yang diinginkan, seandainya kita ikhlas hanya ingin mencangkul sebagai olahraga, maka niscara hal itu tidak akan mendatangkan masalah kemudian hari.

Biasanya masalah yang timbul adalah tanah orang yang kita cangkul itu telah kita tanami dan ketika memanen hasilnya maka orang yang punya tanah mengklaim bahwa itu adalah tanahnya, kalau kita ikhlas tentu kita akan serahkan saja kepada orang tersebut, karena tujuan kita adalah mencangkul untuk olahraga.

Demikianlah semoga bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar