Senin, 02 November 2015

Manfaat Kunyit



Kunyit adalah tanaman yang menghasilkan umbi yang biasanya digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai bumbu masak, tanaman ini memiliki karakteristik warna kuning yang sulit untuk dihilangkan jika terkena ke tangan atau ke benda lainnya sehingga jika tangan kena kunyit yang sudah di parut dan basah maka tangan kita akan berwarna kekuningan, tetapi
hal ini tidak berbahaya bagi tubuh.

Selain sebagai bumbu masak, kunyit dipercaya juga sebagai penguat organ pencernaan seperti lambung dan usus. Konon kabarnya jika kita rajin mengkonsumsi air perasan kunyit maka kita tidak akan mengalami masalah dengan lambung atau organ pencernaan kita.

Dari pengalaman penulis bahwa kunyit adalah obat yang bagus untuk mengatasi penyakit maag yang sudah kronis atau menahun, hal ini dibuktikan dengan pengobatan terhadap istri penulis yang mengalami gangguan pencernaan tingkat akut, sehingga jika makan atau minum sedikit saja, maka dia akan muntah dan mual sehingga sangat sulit untuk memasukkan obat-obatan yang diberikan dokter untuk mengatasi penyakit tersebut, karena begitu minum obat akan muntah lagi.

Setelah penulis cari referensi di internet ternyata ada yang menulis bahwa kunyit adalah obat maag yang dapat mengatasi maag akut atau maag menahun, lalu penulis coba mencari kunyit ke toko disekita tempat tinggal penulis dan didapatkanlah 100 gram kunyit.

Sesampai dirumah penulis bersihkan dan potong kecil-kecil kunyit tersebut lalu diblender dengan ditambahkan sedikit madu serta gula agar rasa kunyitnya berubah sedikit menjadi agak manis, kemudian ditambahkan dengan air setengah gelas, setelah itu diblenderlah kunyit itu sampai halus dan kemudian disaring.

Setelah didapat air perasan kunyit penulis suruh istri penulis untuk meminumnya, dan istri penulis pun meminum air rebusan kunyit itu sedikit, dan ternyata keesokan harinya tidak dirasakan lagi mual dan perih lambung yang biasanya selalu dikeluhkannya.

Olahan yang penulis buat ternyata sangatlah pekat karena 100 gram kunyit diolah dan menghasilkan setengah gelas air perasan, oleh karena itu pada pengolahan kedua penulis kurangi kunyitnya menjadi 50gram saja dan air perasannya menjadi setengah gelas, hasilnya juga sangat memuaskan.

Sampai saat ini istri penulis tidak merasakan nyeri lambung atau mual lagi, mudah-mudahan ini menjadi obat yang dapat menyembuhkan penyakit nyeri lambungnya.

Penulis sengaja menyajikan tulisan ini agar dapat bermanfaat bagi kita semua, terutama mereka yang mengalami masalah dengan pencernaannya, karena banyak sekali diantara kita yang mengalami masalah dengan pencernaan terutama penyakit maag.

Melihat hasil yang penulis amati, penulis juga ikut ikutan meminum air perasan kunyit tersebut, walaupun rasanya tidak enak tetapi sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kita.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, terutama mereka yang mengalami gangguan pencernaan seperti maag.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar